Monday 8 June 2015

Hand Exoskeleton Berbasis Arduino Untuk Rehabilitasi Fraktur Tangan

Alhamdulillah monitoring dan evaluasi (monev) Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2014 pendanaan 2015 sudah dilaksanakan. Dari lima orang yang mengemban tugas dalam penelitian ini hanya TIGA orang yang bertahan sampai tahap ini, ditemani dengan dosen pembimbing yang setia, pak AQR. "terima kasih pak." Lolos atau enggak nanti jadi finalis di Kendari itu urusan nanti, yang paling penting adalah dari apa yang didapat selama empat bulan ke belakang. Pengalaman. Ya.

Gambar 1. Tim PKM KC dari kiri ke kanan (Fikri, Ucha, Mamen, Pak AQR).
Jadi di PKM 2014 ini, kita mengusulkan alat berupa handesxoskeleton berbasis arduino untuk rehabilitasi fraktur tangan, yang kita kasih nama HEBONE. Buat yang pernah patah tulang, pas masa rehabilitasi bisa pakai alat ini. Insya Allah membantu.

Biar lebih jelas langsung aja lihat videonya di bawah ini. Mulai dari proses desain menggunakan Inventor sampai proses assembly. Selamat menyaksikan


Harapan ke depannya, HEBONE ini dapat dikembangkan lagi. Selain sebagai robot rehabilitasi fraktur tangan, tetapi dapat juga membantu rehabilitasi stroke, atau sebagai robot pengganti tangan bagi yang memiliki cacat kehilangan tangan.

Gambar 2. HEBONE Hand Exoskeleton Berbasis Arduino

BACA JUGA:

No comments:

Post a Comment