Wednesday 11 March 2015

Mengenal Komponen-Komponen Underwater Robot + Kisaran Harga


Sekedar sharing apa yang sedang dikerjakan setahun belakangan, yaitu tentang underwater robot alias robot bawah air. Ini merupakan Tugas Akhir ane sebagai mahasiswa, semoga dilancarkan dan dimudahkan, amin...


Gambar 1. Penampakan Underwater Robot

Buat yang penasaran underwater robot itu kaya gimana bisa klik link video di bawah ini:
  1. Underwater Robot Lagi Belajar Nyelem
  2. Underwater Robot Lagi Belajar Manuver
  3. Underwater Robot Lagi Ikut Kompetisi
Di atas itu buatan tangan ane sendiri bareng temen-temen yang lain.

Ini referensi lainnya tentang underwater robot www.openrov.com.
  • Oke kita mulai dari definisi dulu...
Underwater Robot itu adalah robot yang beroperasi di dalam air. Terbagi menjadi dua jenis menurut pengoperasiannya yaitu Autonomous Underwater Vehicle (AUV) dan Remotely Operated underwater Vehicle (ROV).

Berhubung robot yang dibuat sama ane adalah jenis ROV, maka yang akan dibahas pada tulisan ini adalah tentang cara membuat underwater robot jenis ROV, versi ane.

  •  Bagian-bagian Underwater Robot
Nah di Gambar 2 ini menunjukan bagian-bagian mekanik dari underwater robot. Semua komponen saya jamin ada di pasaran. Untuk ruang kontrol/komponen ane pake topless (kedap air tentunya) bisa di beli di ace hardware/borma dan toko sejenis lainnya. Kalo pipa/alumunium/mur-baud bisa kita beli di matrial (untuk pipa ini opsional sebenernya, tidak pakai pun nggak masalah), kalo untuk propeller ane beli di MIRC di MIM (Metro Indah Mall) Bandung ato temen-temen bisa cari online. Untuk elektromagnetik bisa ngelilit sendiri, beli bahannya di tukang gulung dinamo/motor.

Harga untuk beli semua komponen di tidak lebih dari 300 ribu rupiah.

 Gambar 2. Bagian-bagian Mekanik Underwater Robot

Nah, kalo di gambar 3 merupakan bagian-bagian elektrik/elektromekanik.

Gambar 3. Bagian-bagian Elektrik Underwater Robot

Berikut keterangan gambarnya + kisaran harga:
  1. Remote Tx (harga kisaran 1-1.5 juta)
  2. Data logger (opsional)
  3. Remote Rx (sepaket sama remote Tx)
  4. Mikrokontroller (Ane pake mega, asli 500rb, clone 260rb dapet)
  5. Koil / elektromagnetik (Lilitan untuk dijadiin magnet) (ga nyampe 50rb)
  6. Sensor ultrasonik / SONAR (Opsional)
  7. Driver Motor H-bridge MOSFET (150rb-200rb)
  8. Motor DC (25-50rb)
  9. Motor brushless (200-300rb)
  10. Electric Speed Control (ESC) (200-300rb)
Oke, itulah komponen-komponen utama kalo kita mau bikin underwater robot versi ane. Silakan koreksi kalo emang ada salah ini-itu. 

1 comment: