Friday 5 September 2014

Robot Line Follower Berbasis ATMega32

Oke bro... sebenernya ini jenis robot pertama yang gw bikin bareng temen-temen di kampus.

Gambar 1. Petukhov Bro Namanya.

LINE FOLLOWER, Robot yang bisa ngikutin garis, ato ada temen kenalan gw yang bilang TAMIYA BERLAKBAN, ato apalah itu... yang pasti karena robot ini gw akhirnya melek lagi sama dunia
persilatan permikrokontroleran (ati-ati bacanya bro, jangan kepeleset), setelah sekian tahun terbuai sama PLC dan konco-konconya... Positifnya ya akhirnya gw bisa belajar dan ngerti kedua-duanya.

Langsung aja bro cek videonya 

Video 1. Hmmm... Pelan Sih :-(

Hmmm... kenapa robot ini di bikin? ya alasasnnya karena emang ada lomba... si petukhov ini robot ketiga yg gw assembly. 

Gambar 2. Logo Eagle.

Mulai dari pertama, full Nyontek dari robot dosen sampe ke kode2nya.

Ke-2 dengan basis skematik yang sama (gw cuman bikin ulang) dan berhasil Alhamdulilah.
Oh ya, gw bikin pake software Eagle, pada tahu kan ya???

Dan yang ke-3 inilah si petukhov lahir, buat diikutin lomba di POLINEMA, tapi sayang entah karena emang ga jago, ato lebih banyak orang yang lebih jago, si Petukhov ini cuma tembus 30 besar doang. Habis itu kandas...

Yah, dunia per-line-follower-an emang udah ada basisnya di Jogja sono, gw sebagai orang JABAR angkat topi lah sama mereka.

Dan, emang ga kepikiran lagi buat ikut lomba LF. (Cieee nyerah... cieee)

Bukan, bukan nyerah bro... tapi TAHU DIRI. hahahaha

Oke. Kok malah jadi curhat ya??? yang penting KAN proses belajarnya. Ya ga bro?

Gw jelasin spesifikasinya dulu nih:
Processor : ATMEGA32
12 Sensor : Photodioda + Led putih Super Bright (Delapan depan, 4 samping)
Driver : H-Bridge mosfet (dibikin nyatu sama minsis mega32, gw masih ada stok tuh, kalo mau beli bisa, bbm gw nih 76778ACB)
Gearbox : Assembly sendiri
Motor : DC 12v (eks. printer, yang 10 rebuan itu loh bro)
Roda : Dapet kanibalan dari toko aeromodeling
Software : Eagle for desain PCB, dan CodeVision AVR
Bahasa : C

Gambar 3. Nih Penampakannya Bro

Barang kali minat, yuk kita belajar bareng memajukan dunia per-robot-an (istilah baru lagi nih) Indonesia.

Tadinya pengen share skematik, tapi filenya ga ada... nanti inshAllah tak update.

Silakan kalo mau sharing-sharing sama gw bisa langsung ke facebook gw
ato bbm gw juga boleh 76778ACB.

Untuk Tahu Cara Kerja LineFollower silakan cek di

2 comments: