Monday 13 July 2015

Bagian-bagian Pesawat RC Fixed Wing

Pada artikel kali ini kita akan membahas bagian-bagian pesawat RC dan fungsinya. Silahkan perhatikan Gambar 1.

Untuk cara pembuatan pesawat RC ini silakan cek pada link berikut:
Gambar 1. Bagian-Bagian Pesawat RC

Dibagian depan biasa disebut "nose" alias bagian hidung: Komponen penting di bagian ini adalah motor penggerak dan propeller.

Bagian tengah disebut bagian "wings" alias sayap: Komponen penting di bagian ini adalah sayap itu sendiri yang dilengkapi aileron. Fungsi dari aileron adalah menggerakan pesawat pada sumbu x alias roll alias berguling ke pinggir (Lihat Gambar 2).

Bagian belakang disebut bagian "tails" alias ekor: Komponen penting pada bagian ini adalah sayap belakang yang dilengkapi dengan elevator yang berfungsi menggerakan pesawat terhadap sumbu y alias pitch alias gerakan mengangguk. Kedua adalah sirip horizontal yang menjaga posisi pesawat agar bergerak lurus, tidak berkelok-kelok, bagian ini dilengkapi dengan rudder yang berfungsi menggerakan pesawat terhadap sumbu z alias yaw alias gerakan menggeleng.

Gambar 2. Gerakan Pada Pesawat RC

Nah mungkin sekian dulu untuk artikel kali ini. Karena saya tidak mendalami bidang aeronautika mohon maaf apabila terdapat kekeliruan. Silahkan diingatkan bila terdapat kesalahan dalam penjelasan di atas.

Semoga bermanfaat.

BACA JUGA:

No comments:

Post a Comment