Saturday 30 May 2015

Cara Mengubah Arah Putaran Motor DC

Contents

Motor DC banyak diaplikasikan dalam pembuatan sebuah robot. Sebut saja robot line follower, robot sumo, wall follower, robot pemadam api dan robot lainnya. Pada mobil mini 4WD, motor DC juga digunakan tetapi tidak dikontrol secara penuh, maksudnya motor DC disini hanya berfungsi untuk menggerakan roda pada putaran yang sama. Sedangkan pada robot-robot yang disebutkan diatas, Motor DC dikontrol secara penuh, mulai dari kecepatan putar sampai arah putar, so dengan pengetahuan ini kamu bisa mengendalikan robot maju-mundur, pelan-cepat dan kombinasi kontrol lainnya.



Gambar 1. Robot Line Follower

Agar bisa mengubah arah putaran motor DC maka hal wajib yang harus kita ketahui adalah prinsip kerja dari motor dc itu sendiri. Untuk lebih jelasnya kamu tinggal klik link di bawah ini:




Gambar 2. Ilustrasi Gerakan Motor DC (sumber)

Kalo kamu liat di Gambar 2, motor berputar berbalik arah jarum jam dengan posisi kutub (+) batterai di sebelah kiri. Nah untuk mengubah arah putarannya kamu hanya perlu mengubah posisi kutub (+) batterai ke sebelah kanan. Se-simple itu.

Sekedar penjelasan gambar di atas:

  • N-S merupakan kutub magnet sehingga daerah diantaranya memiliki medan magnet (ditunjukan oleh garis kuning)
  • Yang berputar itu namanya lilitan (abu) dan cincin (biru)
  • Warna hitam merupakan wire/kabel, diujungnya, yang menempel dengan cincin, disebut brush/sikat.
  • Bulatan kuning menandakan aliran arus listrik (mengalir dari kutub (+) ke kutub (-) batterai.


Kesimpulannya:
Arah putaran motor tergantung dari arah aliran arus, untuk mengubah arah aliran arus kamu hanya perlu menukar posisi kutub batterai.

Nah, yang jadi permasalahan adalah kita tidak mungkin mengubah posisi kutub baterai pada ROBOT yang lagi jalan secara manual. Untuk mengakali hal ini diperlukan skema/rangkaian khusus yaitu SKEMA H-BRIDGE.


Gambar 3. Skema H Bridge Untuk Mengubah Arah Putaran Motor

Untuk penjelasan dari Skema H Bridge kamu bisa klik di sini
Selamat belajar, semoga bermanfaat.


2 comments: