Friday 17 October 2014

Membuat Objek Menggunakan PRINTING 3D

Kali ini mamentronika dapet job 'membuat objek menggunakan printing 3D'.

Semuanya berawal ketika temen gw punya ide untuk membuat robot suling yang diikutkan di GEMASTIK 2014 kategori Piranti Cerdas. Dibuatlah proposal, dan ternyata, Alhamdulillah, lolos di penyisihan pertama.

Gambar 1. Desain Awal Robot Suling untuk Gemastik

Gw pake AutoCAD 2011 buat gambar desainnya... Cukup sulit dan malesin juga ternyata. Soalnya untuk seukuran gw yang masih belajar, gambar kayak di atas bikin mata iyeng (pusing).

Jujur masih banyak yang diabaikan dalam hal pengukuran desain, karena emang basicnya gw bukan orang desain sih. Alhasil ya kayak di gambar 1 itu hasilnya.

Yang gw suka dari AutoCAD masukin command gambang, kita cukup tulis commendnya tanpa harus klik kursor.

Beberapa command yang biasa gw pake ketika desain:
1. Line : Buat bikin garis.
2. Fillet : Bikin sudut tajam jadi mulus.
3. Offset : Bikin garis tiruan dengan jarak sesuai keinginan kita.
4. Region : buat gabungin garis-garis biar bisa di extrude.
5. Extrude : Buat bikin bidang 2d jadi 3d.
6. Slice : Buat motong objek 3d.
7. Copy : tau lah ya.
8. Move : Mindahin objek
9. Slice : Memotong objek 3D
10. Revolve : Bikin objek 3d dengan cara memutarkan objek (bingung? harus pake contoh sih)
11. dan lain-lain.

Nanti dibikin tutorialnya deh pas lagi senggang.

Nah, dari desain awal kaya di atas, temen gw minta ganti nih desainnya.
Jadi kaya yang ditunjukin di gambar 2.


Gambar 2. Desain Baru Untuk Cetak 3D Printing

Nggak berbeda jauh sih, tapi tetep bikin beginian ga gampang... butuh MIKIR.
Nah, agar gambar yang udah kita desain bisa dicetak pake 3dPrinting, kita harus meng-export tiap objek ke dalam format .stl

Caranya mudah, kamu tinggal klik simbol A di pojok kiri atas, pilih export, pilih other format, cari yang .stl, enter, pilih objek yang mau kita export, klik enter/spasi. kelar deh tuh objek di export ke bentuk .stl

Selanjutnya biar mamang yang punya 3d printing yang ngurus.
Ane ngeprint buat projek ini (temen ane sebenernya) make jasanya lab immersa yang ada di bawah naungan Bandung Techno Park (alias BTP). Sung, kunjungi aja webnya nih klik disini.

Berikut ane lampirkan dokumentasi ketika lagi ngeprint.





                                         (a)                                                                 (b)

Gambar 3. (a) Lago nyopotin support, (b) nah itu 3d printingnya



Gambar 4. Ini Hasil Jadinya Sesudah Dirangkai

Karena ini projek punya temen gw buat GEMASTIK7 2014, Yuk ikut support...
Berikut videonya di klik ya

VIDEO GEMASTIK 7

Sellamat menyaksikan... ^^





No comments:

Post a Comment