Friday 22 January 2016

[TUTORIAL] Membuat Sensor Garis Robot Line Follower

-------------------------------------------BISMILAH-------------------------------------------

Di artikel ini kita akan membahas cara membuat sensor garis robot line follower (LF). Ceritanya kita akan membuat robot LF menggunakan arduino UNO dengan 6 sensor garis. Prinsip kerja sensor garis cukup sederhana. Komponen utamanya hanya ada 3 jenis yaitu resistor, LED super bright, dan PHOTODIODE. Coba temen-temen perhatikan Gambar 1 di bawah ini.

Gambar 1. Prinsip Kerja Sensor Garis.

Nah, yang warna merah itu kita umpamakan LED (Dioda yang mampu mengeluarkan cahaya) dan yang hitam adalah PHOTODIODE (Dioda yang konduktifitas/nilai hantar-nya dipengaruhi oleh cahaya yang diterimanya). Kedua komponen tersebut sengaja dipasangkan, dimana LED sebagai sumber cahayanya dan PHOTODIODE berfungsi untuk menerima cahaya tergantung warna lantai.

Cahaya itu kalau diarahkan ke sebuah benda dengan warna yang terang (contoh: putih) maka pantulannya pun akan terang (biasanya silau, coba deh), sedangkan jika diarahkan ke warna yang gelap (maka pantulan cahayanya akan sangat minimal. Pada gambar di atas cahaya digambarkan dengan garis merah. Ketika sensor dihadapkan pada lantai putih maka pantulan cahayanya banyak, dan sebaliknya, jika sensor dihadapkan pada lantai hitam maka pantulan cahayanya sedikit. Perbedaan pantulan cahaya inilah yang nanti diolah oleh ARDUINO UNO.

SKEMATIK DIAGRAM


Gambar 2 di atas adalah skematik lengkap dari sensor garis LF yang jumlahnya ada enam. D1,..,D6 (tanda panah ke dalam) merupakan PHOTODIODE. Skematik ini dibuat menggunakan software EAGLE Cadsoft. Cara buatnya bisa ikuti tutorial ini (klik aja: MEMBUAT DESAIN PCB MENGGUNAKAN EAGLE). D1...D6 dihubungkan ke sebuah konektor (SL1) ditambah dua PIN untuk GND dan VCC.

PCB
Gambar 3 ini menunjukkan PCB dari sensor garis LF. Kenapa tulisannya terbalik? hayooo kenapa? ^^. Jadi ceritanya kita di sini sedang melihat PCB bagian bottom tapi dilihat dari sisi TOP. Biar faham apa yang saya maksud, langsung aja ikuti tutorial membuat PCBnya ya.

Gambar 3. PCB Sensor Garis Line Follower
Oke, mungkin artikel membuat sensor garis LF cukup sampai sini aja. Buat temen-temen yang mau meminta file EAGLE nya. Silahkan email ke : fahmifirman.instind@gmail.com.

Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment